Agama

5 Cara Memperkenalkan Rukun Islam dan Rukun Iman Kepada Anak

Bagi umat muslim, mengenal Rukun Islam dan Rukun Iman merupakan suatu hal yang wajib. Bukan sekadar wajib diketahui saja, tetapi juga perlu diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan mengamalkannya, maka kita sudah menjalankan perintah Allah dan menjauhi semua larangan-Nya. 

Oleh karena itu, Rukun Iman dan Rukun Islam harus diajarkan kepada anak sedini mungkin agar pemahamannya terhadap kedua rukun tersebut bisa dibawa hingga usianya dewasa nanti. Bagi para orang tua yang belum mengetahui cara memperkenalkan Rukun Iman dan Rukun Islam bisa simak artikel ini sampai habis. 

Cara Memperkenalkan Rukun Islam dan Rukun Iman Kepada Anak

Pada dasarnya, ada banyak sekali cara memperkenalkan Rukun Islam dan Rukun Iman kepada anak. Di bawah ini akan dijelaskan 5 caranya, diantaranya:

1. Memberitahukan dan Menjelaskan Tentang Setiap Ibadah Wajib

Dalam agama Islam, ibadah wajib yang harus dilakukan oleh umatnya lebih dari satu, yang di mana salah satunya adalah menjalankan shalat 5 waktu. Dalam pelaksanaannya, shalat 5 waktu ini harus dilakukan sesuai dengan Rukun Shalat. Ibadah wajib dalam ini harus dikerjakan dan apabila ditinggalkan secara sengaja, maka akan mengakibatkan dosa besar. 

Ibadah wajib ini harus diperkenalkan kepada anak sejak kecil agar lebih mudah dalam memahami makna dari dilakukannya ibadah wajib itu sendiri. Dalam memperkenalkan ibadah wajib kepada sang anak, para orang tua bisa mengajarkannya dengan cara mempraktekkan ibadah wajib di depan sang anak. Selain itu, sebaiknya dilakukan bersama-sama dengan teman seusianya atau saudara-saudaranya. 

2. Membeli Buku Bacaan yang Bernuansa Islam

Saat ini bacaan buku Islami sangat mudah ditemukan, bahkan sudah ada buku Islam yang dicetak dalam buku digital, sehingga bisa diakses melalui gawai atau gadget yang sudah dimiliki. Akan tetapi, supaya sang anak lebih mudah dalam memahami Rukun Islam dan Rukun Iman, sebaiknya belilah buku yang didukung dengan gambar. 

Bagi seorang anak terutama pada saat masih kurang dari 5 tahun, biasanya lebih senang membaca buku yang ada gambarnya. Hal ini dikarenakan dengan gambar setiap makna dan pesannya memiliki daya tarik tersendiri, sehingga makna dan pesan yang ada di dalam buku akan dipahami lebih mudah. Lebih baik lagi, gambar yang ada di dalam buku, sudah diberi warna, sehingga sang anak akan lebih tertarik untuk membacanya. 

3. Mengajak Anak Pergi Ke Masjid

Rukun Islam dan Rukun Iman merupakan 2 rukun yang selalu berkaitan satu sama lain dan identik dengan ibadah wajib. Beberapa ibadah wajib akan lebih baik jika dilakukan di Masjid. Oleh sebab itu, sang anak bisa diajak ke masjid agar terbiasa melakukan ibadah wajib di masjid. Untuk mengajak anak ke masjid tidak harus setiap hari, tetapi bisa dilakukan dalam satu minggu sekali. 

4. mendidik anak untuk menerima setiap musibah dengan ikhlas

Setiap manusia pastinya pernah mengalami hal-hal yang tidak menyenangkan atau bahkan tertimpa musibah. Ketika seseorang tertimpa musibah, biasanya semangat hidupnya akan mulai berkurang, sehingga aktivitas yang dilakukan sehari-hari menjadi kurang optimal. Musibah itu sendiri merupakan bagian dari takdir atau ketetapan yang sudah ditentukan oleh Allah, sehingga sebagai hamba, sebaiknya menerima dengan ikhlas ketika tertimpa musibah. 

Percaya terhadap setiap ketetapan Allah SWT termasuk ke dalam Rukun Iman, sehingga sudah seharusnya bagi orang tua untuk menjelaskan tentang Qada dan Qadar kepada anak sejak dini agar ketika tumbuh dewasa sudah menerima dengan ikhlas setiap musibah yang sedang menimpanya. 

5. Memperkenalkan Lagu-Lagu Bernuansa Islam

Memperkenalkan Rukun Islam dan Rukun Iman selain dari buku bisa juga dilakukan melalui lagu-lagu dengan nuansa Islam. Saat ini, lagu-lagu Islami sudah bisa ditemukan di berbagai macam media online, salah satu media online yang terdapat lagu Islam yang cukup banyak adalah Islam yang cukup banyak adalah youtube

Terlebih lagi, setiap lagu Islam ini mudah untuk didengar oleh anak, maka pesan Islaminya akan mudah tersampaikan. Selain itu, lagu Islam yang didukung dengan video atau gambar akan membuat sang anak menjadi lebih tertarik untuk menontonnya. 

 

Demikian, pembahasan tentang cara memperkenalkan Rukun Iman dan Rukun Islam kepada anak. Dalam pelaksanaannya, para orang tua perlu menyesuaikan dengan karakter anak itu sendiri. 

Baca juga mengenai rukun iman