Furniture

Bahan Baku Utama Untuk Membuat Mebel Kayu Berkualitas

Dalam memproduksi mebel kayu bahan utama adalah jenis kayu, ya karena memang industri mebel kayu untuk proses pembuatan berbagai perabot rumah, hotel, resto dan juga furniture outdoor menggunakan bahan baku yang berkualita agar awet dan tahan lama tentunya

Nah jenis kayu yang digunakan dalam pembuatan mebel kayu yang berkualitas memiliki beberapa jenis diantaranya adalah sebegai berikut ini.

 

1. Kayu Jati

Untuk jenis kayu ini merupakan bahan baku yang paling berkualitas diantara jenis kayu yang lain. Karena memiliki karakter keras dan tahan terhadap hama kayu seperti rayap dan bubuk. Sehingga kayu jati ini paling banyak dipakai dan digunakan dalam proses pembuatan furniture indoor maupun outdoor.

Kayu jati juga mudah dibentuk dan tidak mudah pecah, hal inilah yang menjadi alasan kenapa kayu jati menjadi pilihan para tukang kayu atau industri furniture mebel kayu. Selain mudah dibentuk serta awet kayu jati memiliki serat yang bagus sehingga bila sudah menjadi produk memiliki ciri khas tersendiri dan lebih terlihat natural alami.

2. Kayu Mahoni

Jenis kayu kedua untuk bahan baku utama mebel adalah kayu mahoni dimana jenis kayu ini memiliki warna kemerahan dengan serta yang sangat halus, biasanya jenis kayu mahoni ini digunakan untuk pembuatan furniture klasik mewah dengan ukiran yang khas serta finishing cat duco, baik gold maupun putih.

Kayu mahoni memang paling cocok untuk memproduksi furniture klasik dengan finishing duco putih dan warna duco lainnya. Ini karena kayu mahoni tidak bergetah sehingga cocok buat finishing duco putih dan warna duco lainnya yang akan menghasilkan produk yang berkualitas dan awet tentunya.

3. Kayu Trembesi

Kayu trembesi ini merupakan jenis kayu yang biasa digunakan dalam proses pembuatan patung maupun meja makan yang alami dan besar, karakter kayu ini mudah pecah dan agak gampang dimakan bubuk atau eter eter hal inilah yang menjadikan kayu trembesi dibuat untuk produk besar karena kayu yang memiliki karakter mudah pecah.

Di Mebel Jepara sendiri produk kayu trembesi dibuat untuk meja blok alami dan juga berbagai patung dan jenis kursi makan maupun kursi unik yang menggunakan kayu alami dengan dibentuk menjadi sebuah produk yang menarik dan beda dari jenis kayu lainnya.

4. Kayu Mindi

Untuk yang ke empat adalah kayu mindi, kayu ini memiliki warna putih dan serta kehitaman sehingga paling cocok dibuat finishing rustic. Biasanya diproduksi untuk produk kursi. Karena karakter kayu ini mudah pecah juga dan ringan, untuk itu produk mebel paling cocok adalah kursi.

5. Kayu Sungkai

Yang terakhir adalah kayu sungkai dimana memiliki karakter warna dan serat hampir mirip kayu jati sehingga banyak digunakan menggunakan berbagai perabot rumah seperti kursi dan juga meja serta kitchen set juga. Memiliki motif serat hampir sama dengan kayu jati sehingga banyak digunakan untuk perabot mebel kayu.

 

Nah diatas adalah beberapa bahan baku utama dalam mebel kayu yang berkualitas untuk pembuatan perabot rumah anda. Silahkan bila anda memiliki pertanyaan dan keinginan dalam memproduksi atau usaha di bidang permebelan bisa memiliki satu dari jenis kayu diatas.