Uncategorized

Efek Samping Minyak Ikan yang Perlu Anda Waspadai

Minyak ikan, selama ini dikenal sebagai salah satu sumber lemak sehat yang baik untuk manusia. Di dalamnya juga terkandung unsur vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Namun sadarkah Anda bahwa dengan cara konsumsi yang tidak tepat, Anda bisa mendapatkan sejumlah efek samping minyak ikan.

 

Kenapa Anda Disarankan Mengonsumsi Minyak Ikan

Dalam minyak ikan terkandung unsur asam lemak esensial omega 3 yang penting untuk tubuh. Ada banyak sekali peran dari unsur asam lemak ini. Selain sebagai sumber lemak sehat yang akan membantu menurunkan level kolesterol jahat dalam tubuh.

Asam lemak omega 3 baik sebagai anti inflamasi yang akan sangat membantu menekan perkembangan peradangan dalam tubuh. Memberi manfaat baik untuk fungsi saraf pusat, kesehatan pembuluh darah dan jantung serta baik untuk pertumbuhan sel sehat. Asam lemak omega 3 ini juga memiliki sifat melindungi DNA dalam tubuh.

Selain asam lemak omega 3, dalam minyak ikan juga terkandung vitamin D, vitamin A, vitamin E dan beberapa unsur mineral seperti magnesium, mangaan meski dalam kadar relatif rendah.

Ini menjadikan minyak ikan juga baik untuk kesehatan mata dan tulang. Baik untuk pertumbuhan dan untuk membantu meningkatkan daya tahan tubuh. Termasuk memberi manfaat untuk sistem endokrin dalam tubuh.

Pahami Ancaman Efek Samping Minyak Ikan

Meski ada sederet manfaat dari minyak ikan, perlu Anda pahami bahwa berlebihan dengan minyak ikan atau cara konsumsi yang tidak tepat juga tidak sepenuhnya sehat. Ada efek samping minyak ikan yang perlu Anda waspadai.

Meningkatkan kadar gula darah

Riset menunjukan bahwa mengonsumsi minyak ikan berlebihan dapat mendorong peningkatan kadar gula darah. Meski dikatakan efek samping minyak ikan ini muncul pada dosis besar, namun berlebihan dengan minyak ikan ditengarai dapat meningkatkan pembentukan glukosa darah.

Memicu tekanan darah drop

Efek samping minyak ikan lain yang juga bisa menjadi ancaman adalah efek asam lemak omega 3 yang dapat menurunkan tekanan darah. Tentu saja ini baik untuk mereka dengan kasus hipertensi, namun harus pula diwaspadai oleh mereka yang memiliki keluhan hipotensi bawaan.

Menyebabkan darah lebih encer

Ada banyak alasan mengapa minyak ikan dapat menurunkan tekanan darah. Seperti efeknya dalam menurunkan kadar kolesterol, pengaruhnya dalam mengatasi sumbatan di pembuluh darah dan efeknya dalam mengencerkan darah.

Pada pengaruhnya terhadap pengenceran darah inilah Anda perlu cukup waspada. Karena pada beberapa orang ini dapat meningkatkan potensi perdarahan. Juga perlu diperhatikan untuk dikonsumsi dalam pengawasan dokter pada mereka yang sudah mengonsumsi obat pengencer darah dengan rutin.

Kenaikan asam lambung

Kadar lemak dalam minyak ikan biar bagaimanapun menjadi beban tersendiri bagi lambung. Untuk membantu proses cerna lemak dalam minyak ikan, lambung harus memproduksi ekstra asam lambung. Meski sebenarnya sebuah mekanisme yang aman, dalam kondisi tertentu bisa menjadi pemicu produksi asam lambung yang melebihi seharusnya dan memicu keluhan lambung atau GERD.

Hati hati dengan kandungan vitamin A

Vitamin A dalam minyak ikan merupakan komponen retinoid, karena berasal dari unsur hewani. Dalam sejumlah riset terbukti vitamin A dari unsur hewani memiliki efek lebih berat dibandingkan vitamin A dari unsur nabati. Ini bisa menyebabkan gangguan pada tulang, hati, sendi hingga kulit dan otak. Perhatikan komposisi vitamin A dalam kemasan minyak ikan yang Anda beli.

 

Itu beberapa dari banyak efek samping minyak ikan yang perlu Anda waspadai. Meski dikatakan sebagai makanan sehat, tentu saja mengkonsumsinya sesuai dosis yang dianjurkan tetap penting. Dan selalu pastikan menjaga keseimbangan asupan Anda, untuk menjaga tubuh tetap sehat.