Teknologi

Ketahui Lebih Lengkap Tentang 8 Komponen yang Terdapat di Motherboard

Dalam sebuah komputer, terdapat serangkaian perangkat keras yang saling terhubung. Perangkat keras tersebut terhubung ke papan induk atau yang sering diberi nama Motherboard.

Motherboard merupakan induk atau ibu dari komputer. Semua perangkat komputer akan terhubung ke motherboard. Bentuk motherboard mirip seperti papan yang berbentuk persegi atau persegi panjang.

Terdapat banyak komponen pada motherboard yang mungkin jarang diketahui. Dan setiap komponen tersebut memiliki fungsi masing-masing.

Nah, untuk lebih jelas pembahasan mengenai komponen pada motherboard, simak artikel sampai selesai atau kunjungi situs caritekno.com untuk mendapatkan informasi teknologi lainnya.

Komponen pada Motherboard

Terdapat beberapa komponen yang ada pada motherboard, antara lain :

  • Socket Prosesor / CPU Socket

Socket processor adalah komponen motherboard yang berfungsi sebagai tempat prosesor. Di sekeliling socket processor terdapat empat lubang yang digunakan sebagai penyangga heatsink fan. Heatsink fan sangat berperan penting terhadap kinerja prosesor. Dengan adanya heatsink fan, prosesor lebih terjaga suhunya.

Pada saat memilih motherboard, perhatikan socket prosesornya apakah sama atau tidak. Karena tidak semua motherboard memiliki socket prosesor yang sama dengan semua jenis prosesor.

  • Slot Memory

Agar memori dapat terhubung dan bisa digunakan, perlu adanya slot memory. Slot ini yang digunakan sebagai tempat untuk memasang RAM. Slot ini memiliki ciri dengan bentuk memanjang dan terdapat dua jepitan di masing-masing ujungnya. Secara umum, jumlah slot memory pada motherboard lebih dari satu.

  • Slot SATA dan IDE

Meskipun fungsi SATA dan IDE, namun bentuk dari slot keduanya memiliki bentuk yang berbeda. Fungsi dari kedua slot ini adalah untuk menghubungkan CD / DVD ROM atau harddisk.

Bentuk dari slot SATA lebih kecil dibanding IDE. Sedangkan slot IDE cenderung lebih besar dan memanjang.

  • Slot PCI dan AGP

Slot PCI dan AGP memiliki fungsi yang sama, yaitu untuk menghubungkan motherboard dengan VGA card. Biasanya slot AGP banyak ditemukan di motherboard keluaran lama, sedangkan slot PCI banyak ditemukan di motherboard keluaran sekarang.

  • BIOS dan UEFI Chip

BIOS adalah chip yang berfungsi untuk mengontrol keseluruhan perangkat keras yang terdapat pada komputer.

Namun seiring perkembangan teknologi, peran BIOS semakin tergantikan oleh UEFI. UEFI dinilai lebih canggih dari BIOS. Bentuk dari kedua slot ini sama, namun tempatnya berbeda beda setiap motherboard.

  • Battery CMOS

Battery CMOS merupakan singkatan dari Complementary Metal Oxide Semiconductor. Battery CMOS memiliki bentuk yang kecil, bulat, dan tipis. Fungsi utama dari battery CMOS adalah sebagai sumber daya BIOS. Selain itu, battery ini juga berfungsi untuk menyimpan pengaturan pada BIOS.

Apabila terjadi lupa atau kesalahan password saat login ke BIOS. Caranya adalah dengan melepas battery CMOS tersebut. Dengan begitu, pengaturan pada BIOS akan kembali ke pengaturan awal atau default pabrik.

  • Power Connector

Power connector adalah salah satu komponen yang cukup penting. Dengan adanya komponen ini, komputer akan mendapatkan daya listrik yang melalui power supply. Bentuk dari power connector adalah persegi panjang dan biasanya berwarna putih tulang.

  • I/O Port

Komponen yang terakhir adalah port input output. Komponen ini biasanya terletak di belakang motherboard yang terdapat banyak port, seperti port USB, HDMI, PS2, dan lain lain.

Dengan adanya port ini, perangkat eksternal dapat terhubung ke motherboard. Seperti keyboard, mouse, speaker, dan lain lain.